Tips Membersihkan Sofa Dengan Baik dan Benar

Sofa Anda sudah berdebu dan membuatnya tidak lagi nyaman diduduki? Sepertinya perlu melakukan teknik cuci sofa jakarat selatan yang benar agar kembali bersih dan kinclong. Sebab kotoran yang menempel bisa datang darimana saja, terutama pada sofa yang sering dipakai banyak orang yang datang entah dari mana.

Beberapa tips untuk mencuci sofa berikut ini bisa Anda terapkan di rumah. Tapi sebelum melakukannya, pastikan untuk mengetahui jenis sofa yang dimiliki agar cara yang digunakan untuk membersihkan benar-benar tepat.


Tips Cuci Sofa Yang Benar

Perhatikan baik-baik tips cuci sofa yang benar tahap pertama berikut, karena Andalah yang akan menentukan sejauh mana proses membersihkan tersebut bisa berjalan lancar. Tahap pertama ini akan meliputi pembersihan permukaan sofa terlebih dahulu.

Cuci sofa yang benar dengan Vacuum Cleaner

Tips pertama yang bisa dilakukan untuk semua jenis bahan sofa adalah membersihkan debu di permukaannya, pakai vacuum cleaner agar debu yang menempel bisa terangkat sempurna.

Pastikan semua bagian sofa disedot, termasuk lipatan sofa dan yang tak terjangkau oleh tangan. Tekniknya adalah menyedot searah dari kiri menuju kanan, agar debu tidak kembali lagi. Pastikan juga untuk mengecek filter debu secara kontinu agar tidak penuh, sebab ketika penuh maka debu yang menempel pada sofa tidak akan terangkat maksimal.

Jika Anda tidak memiliki vacuum cleaner bisa menyiasatinya dengan penggunaan kemoceng, atau menepuk kursi menggunakan bahan keras agar debunya keluar. Kemudian bersihkan dengan kemoceng. Tapi kalau dirasa sulit tinggal memanfaatkan jasa cuci sofa Jakarta yang kami tawarkan sebagai solusi terbaik.

Hilangkan Noda

Untuk menghilangkan noda Anda bisa menggunakan beberapa cara, diantaranya dengan membersihkan noda dengan sikat halus kecil yang sudah dibasahi deterjen konsentrasi lembut. Kemudian bersihkan bekas sikat menggunakan lap kering, agar bahan deterjen tidak menempel.

Cuci Dengan Ramuan Tepat

Anda bisa menggunakan beberapa ramuan, sesuai dengan jenis sofa. Bahan kain bisa dibersihkan dengan beberapa bahan, tergantung pada bahan sofa. Untuk jenis kain bisa menggunakan detergen cair yang lembut dan beri air secukupnya, lalu gunakan untuk mencuci sofa hingga bersih.

Jika bahan kulit atau sejenisnya bisa menggunakan tisu basah agar kualitas kulit tidak memudar. Sedangkan untuk sofa jenis kayu bisa menggunakan cuka atau detergen yang kemudian disiram dengan air mengalir agar sofa kembali kinclong.

Anda bisa melanjutkan cuci sofa yang benar dengan tahapan membersihkan sofa yang kedua, setelah pencucian dilakukan. Ini merupakan bagian sangat penting agar sofa nyaman, wangi dan bebas kotoran.

Beri Pelembab

Anda bisa memberikan pelembab pada sofa yang sudah setengah kering, setelah mencuci sofa kain gunanya agar bahan sofa tetap awet dan tahan lama. Jenis pelembab yang bisa dipakai adalah pelembab khusus untuk kain atau tergantung bahan pembuatan sofa.

Diamkan Hingga Meresap

Biarkan pelembab tersebut meresap agar sofa menjadi lembut, biasanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit hingga 30 menit tergantung ketebalan sarung sofa dan isinya. Sambil menunggu, Anda bisa membersihkan bagian lain dari sofa seperti rangkanya yang terbuat dari besi atau kayu.

Keringkan

Saatnya untuk mengeringkan sofa, bisa menggunakan dua teknik. Pertama kering alami  dengan memanfaatkan cahaya matahari langsung, dimana Anda cukup menjemur sofa di bawah terik matahari seharian atau sampai kering. Cara ini sangat bergantung pada cuaca di hari Anda membersihkan sofa tersebut.

Kedua adalah teknik praktis menggunakan alat pengering seperti hair dryer, yang membutuhkan lebih banyak tenaga Anda untuk melakukannya. Tapi waktu pengeringan bisa lebih cepat dan tidak tergantung ada atau tidaknya cahaya matahari.

Karena ketika sudah sampai pada tahap pengeringan dari cara mencuci sofa, bisa dilakukan dengan cara apa saja yang penting sofa tidak jadi bau apek.

Semprot Fungisida

Jangan lupa untuk mengantisipasi jamur dengan memberikan semprotan fungisida, sebelum menatanya kembali ke tempat semula. Ini untuk meminimalisir menempelnya jamur pada permukaan sofa.

Merawat Sofa Yang Sudah Dibersihkan

Setelah dibersihkan tentu Anda tak ingin sofa kesayangan kembali kotor bukan? Perlu cara merawat agar kebersihannya tahan lama, terutama bagi sofa yang memang sering Anda gunakan menerima tamu atau beristirahat bersama keluarga tercinta. Hampir sama dengan cuci sofa yang benar, bagaimana caranya?

  • Bersihkan debu sesering mungkin, bisa menggunakan kemoceng saja setiap pagi atau sore hari agar tidak menumpuk. Anda tentu tak mau sofa bersih dengan menerapkan cara mencuci sofa sendiri yang dilakukan, jadi kotor lagi dalam sekejap bukan?
  • Jika terkena noda langsung bersihkan agar tidak meninggalkan bekas jangka panjang pada permukaan sofa. Gunakan bahan pembersih yang cocok dengan bahan dasar sofa, sehingga tidak membuat warna dan motif sofa rusak.
  • Jemur sofa secara berkala jika Anda tidak punya waktu banyak untuk membersihkan, dengan cahaya matahari langsung kuman akan mati secara alami. Lalu semprotkan kembali fungisida.
  • Pastikan Anda menggunakan sofa dalam kondisi bersih, jangan langsung duduk di sofa sepulang kantor. Pastikan membuka sendal atau sepatu sebelum duduk atau tiduran di sofa. Untuk meminimalisir kuman dari luar yang menempel pada sofa tersebut.

Demikianlah sejumlah tips tentang cara cuci sofa yang benar, sangat mudah diterapkan oleh siapapun termasuk Anda. Tapi kalau tak mau ribet, Anda bisa menggunakan jasa cuci sofa Jakarta Selatan. Tenaga profesional yang kami miliki siap untuk membersihkan sofa hingga seperti baru kembali!


Komentar